Reporter : Dedi HP
Foto: MC Pemkot Bengkulu
www.tras.id – Derasnya laju perkembangan teknologi dan informasi dalam era revolusi industri (RI) 4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkot Bengkulu. Untuk itu, walikota meminta semua jajarannya melek teknologi dan mulai membiasakan memberikan informasi dan pelayanan berbasis online. Apalagi saat ini ini Pemkot Bengkulu telah meluncurkan pelayanan terpadu melalui program mall pelayanan publik (MPP) sebagai jawaban dari tantangan RI 4.0 dimana mengedepankan kecepatan, akurasi dan kepastian.
“kemajuan teknologi begitu cepat, kita telah memasuki era 4.0, jadi semua harus melek teknologi. MPP yang kita gagas harus mampu menjawab tantangan perkembangan zaman,” kata Helmi Hasan.
Ia juga menjelaskan dengan memanfaatkan teknologi maka pelayanan publik bisa lebih optimal, dengan demikian maka akan menghadirkan kebahagiaan pada warga. Ia juga akan mempertimbangkan kemahiran para pejabat eselon dalam menguasai teknologi untuk jabatan tertentu.
“Kita lihat Jawa Tengah, hampir semua pelayanan berbasis internet, selain murah juga ramah. Kita juga harus menuju pelayanan berbasis internet ini,” ungkapnya.
Ia juga meminta OPD terkait menugaskan personil teknis yang mumpuni dalam penguasaan teknologi dan informasi di MPP. Sehingga warga yang datang ke MPP mendapatkan kepuasan dan memberikan kepercayaan pada pemerintah selaku penyedia pelayanan.
“Warga yang datang dan ingin mengurus perizinan agar tidak stres, maka petugas yang dikirim harus yang paham dan mengerti tentang pelayanan di era 4.0 ini,” terangnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here