Beranda Politik KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara di Masa Pandemi

KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara di Masa Pandemi

203
0

Reporter/foto: Dedi HP
www.tras.id – Memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember mendatang sesuai aturan dan aman Covid-19, KPU Provinsi pada Minggu (29/11/2020) bertempat di Hotel Mercure Bengkulu menggelar simulasi pelaksanaan pemungutan suara, yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi penghitungan suara dan pengisian Sirekap.
Petugas KPPS ditunjuk para komisioner Divisi Teknis dari setiap kabupaten/kota, sedangkan bertindak sebagai saksi para Paslon perwakilan mahasiswa pemuda dan berperan sebagai pemilih yakni para peserta Bimtek dan Simulasi serta undangan.
Suasana simulasi dibuat sedemikian rupa layaknya sebuah TPS dengan petugas mengenakan APD Covid-19, dan para peserta yang berperan sebagai pemilih diwajibkan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
“Kegiatan simulasi ini rangkaian dari Bimtek yang digelar beberapa hari lalu, jadi dibuat TPS, kemudian dengan petugas dan pemilih di TPS layaknya sebuah pemilihan. Kegiatan ini untuk mengukur sejauh mana jajaran kita memahami pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di masa Pandemi ini,” jelas Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra.
Dia juga berharap hasil dari evaluasi simulasi tersebut dapat disampaikan pada jajaran KPU di daerah. Sehingga pada pelaksanaan pemungutan suara nanti tak ada pelanggaran yang terjadi dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 menjadi prioritas.
“Dari simulasi kita lakukan evaluasi dan para peserta undangan bisa menyampaikan pandangannya terhadap pelaksanaan simulasi tersebut, mana saja yang kurang atau tidak sesuai dengan aturan,” ujarnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here