Beranda Advetorial Jelang Hari Raya, Penerima BLT DD Renah Semanek Bahagia

Jelang Hari Raya, Penerima BLT DD Renah Semanek Bahagia

177
0
Perwakilan Camat Karang Tinggi, Kasi PMD, Jonaidi didampingi Kades dan Babinkamtibmas saat menyerahkan BLT DD pada PKM

Reporter: Dedi HP
Foto: Pemdes Renah Semanek
www.tras.id – Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, warga Desa Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi, Bengkulu Tengah mengaku bahagia. Pasalnya Pemdes Renah Semanek pada Senin (10/05) membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 130 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima BLT yang bersumber dari dana desa (DD) itu. Pembagian BLT dilakukan secara tunai pada KPM yang juga disaksikan oleh seluruh perangkat desa, BPD, perwakilan Camat dan Polsek Karang Tinggi.
Kepala Desa Renah Semanek, Ely Haryadi, S.Pd menuturkan pembagian BLT DD dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, selain menggunkan masker dan mengatur jadwal kedatangan, warga yang akan mengambil juga wajib mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke kantor desa. Dia juga menjelaskan setiap KPM mendapatkan Rp 300 ribu per bulan. Pembagian BLT ini merupakan tahap pertama dan akan dilakukan pembagian tahap kedua setelah semua data penerima tahap pertama tuntas diinput dan ada petunjuk dari instansi terkait.

Pemdes Renah Semanek menyalurkan BLT DD pada 130 KPM. Pembagian disaksikan langsung oleh perwakilan camat dan Polsek Karang Tinggi

“Setiap KPM mendapat Rp 300 ribu, sumbernya adalah dari dana desa. Di Renah Semanek ada 130 KPM dan Alhamdulilah sudah tersalurkan semua pada Senin sore. BLT DD ini kami salurkan secara tunai untuk memudahkan warga, sebab bila harus mengambil di bank, warga mengaku kesulitan dan harus mengeluarkan biaya ongkos lagi, sebab banyak KPM tidak memiliki kendaraan untuk ke bank, apalagi bank berada di ibu kota kecamatan yang jaraknya cukup jauh dari desa,” ungkap Ely.
Dia berharap BLT DD yang telah diterima dapat dimanfaatkan sebijak mungkin untuk kebutuhan keluarga, terlebih mendekati hari raya Idul Fitri dimana kebutuhan makin meningkat. Menurutnya pemerintah sangat konsen dalam peningkatan ekonomi warga di masa Pandemi ini untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. “Kita harus bersyukur pemerintah melalui berbagai programnya ikut membantu kita semua. Mudah-mudahan Pandemi ini segera berakhir dan kita semua bisa kembali beraktivitas dengan normal. Kami juga mengimbau kita semua tetap disiplin dalam menerapkan Prokes Covid-19,” ujarnya.

Babinkamtibmas Polsek Karang Tinggi, Aipda. Mulpen Dapit saat menyerahkan BLT DD pada KPM didampingi Kades

Sementara itu warga KPM, Dahami mengaku sangat bahagia dengan penyaluran BLT DD tersebut, sebab dirinya bisa memanfaatkan BLT DD tersebut untuk kebutuhan keseharian keluarganya. “Alhamdulillah kami sangat bagahia, sangat jelas program ini membantu warga,” ujarnya.
Di lokasi terpisah Ketua BPD Renah Semanek,  Tarnudin mengapresiasi langkah Kades dan perangkatnya yang membagikan BLT DD tepat waktu dan dengan menerapkan Prokes secara ketat, ia juga berharap pembagian BLT untuk tahap selanjutnya tetap dilakukan secara tunai tanpa melalui bank, ini untuk memudahkan warga untuk mendapatkannya, apalagi banyak warga tidak memiliki kendaraan.(*/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here