Beranda Advetorial Putus Mata Rantai Covid-19, Pemdes Renah Lebar Bagikan APD

Putus Mata Rantai Covid-19, Pemdes Renah Lebar Bagikan APD

127
0
Perangkat desa Renah Lebar bersiap menyalurkan APD dan alat cuci tangan pada warga dan ruang publik

Reporter: Dedi HP
Foto: Pemdes Renah Lebar
ww.tras.id – Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) di wilayah desa, sekaligus membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan bencana non alam berupa Pandemi Covid-19, Pemdes Renah Lebar Kecamatan Karang Tinggi, Bengkulu Tengah pada Rabu (12/05) membagikan alat pelindung diri (APD) berupa masker, hand sanitizer serta vitamin pada masyarakat desa. Selain itu, Pemdes juga menyalurkan seperangkat alat pencuci tangan dan sabun cair di ruang publik, rumah ibadah serta PAUD.
Kades Renah Lebar, Sisan menjelaskan selain membagikan APD dan menyalurkan perangkat alat cuci tangan, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan desa dan mensosialisasikan kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengingat masyarakat akan merayakan hari raya Idul Fitri.
“Besok (13/5) kita akan merayakan Idul Fitri, penting bagi kami memastikan tidak muncul kluster baru di desa. Sebab itu kami membagikan APD, vitamin dan melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar lingkungan desa dan rumah ibadah yang akan digunakan warga untuk sholat Ied,” jelas Sisan.

Perangkat desa melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan desa

Dia menambahkan program pembagian APD tersebut mereka alokasikan dari dana desa (DD) yang diintruksikan oleh pemerintah pusat, bahkan tak hanya APD, Pemdes juga mengalokasikan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) dari DD pada masyarakat yang masuk kategori keluarga penerima manfaat (KPM). Hanya saja, pembagian BLT tersebut mereka salurkan melalui bank untuk meminimalisir kerumunan di desa.
“Kalau BLT kami salurkan melalui rekening bank KPM, jadi masyarakat langsung mengambil di bank atau di ATM nya,” jelasnya.

Bidan Desa Renah Lebar, Reni Amd,Keb ikut membagikan masker pada warga

Sisan didampingi perangkat desa lainnya mengimbau masyarakat Renah Lebar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, mengingat saat ini jumlah warga yang terinfeksi Covid-19 masih meningkat dan belum menunjukan curva melandai. “Kita harus terbiasa dengan kebiasaan baru ini, apalagi Pandemi ini belum tentu kapan berakhir. Lebih baik kita mencegah dan saling mejaga untuk keselamatan bersama. Mari jadikan masker sebagai kebutuhan penting saat beraktivitas di luar rumah,” imbunya.

Kasi Kesos, Yuhar memberikan masker pada warga

Sementara itu, warga Renah Lebar, Dona mengapresiasi langkah preventif yang dilakukan Kades dalam menghadang laju penyebaran virus Corona. Menurutnya pembagian masker dan vitamin pada masyarakat adalah langkah yang tepat. “Kami menyambut baik apa yang dilakukan Kades dan perangkatnya, jadi warga tidak susah payah lagi mencari masker. Saat berkegiatan sosial di lingkungan desa, warga sudah memiliki masker masing-masing. Kami juga berterima kasih atas BLT DD yang diberikan pada warga. Program ini sangat membantu perekonomian warga dalam memenuhi kebutuhan keseharian, apalagi di masa Pandemi sangat terasa bila warga mengalami penurunan penghasilan,” ulasnya. (*/adv)

Pemasangan alat cuci tangan di masjid
pemasangan alat cuci tangan di kantor desa
Pemasangan alat cuci tangan di PAUD

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here