Beranda Hukum Wujudkan Desa Wisata, Dewi Coryati Motivasi Pemuda Desa Pandan

Wujudkan Desa Wisata, Dewi Coryati Motivasi Pemuda Desa Pandan

243
0
Anggota DPR RI, Hj. Dewi Coryati saat meninjau objek wisata alam di Desa Pandan, Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma.

Reporter: Maulidil Rahman
Editor: Dedi HP
www.tras.id – Anggota Komisi X DPR RI Dapil Bengkulu, Hj. Dewi Coryati memberikan motivasi dan pelatihan bagi pemuda Desa Pandan, Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma untuk mewujudkan desa tersebut sebagai Desa Wisata. Selain memberdayakan potensi lokal, desa wisata juga dapat menjadi sumber PADes dan menjadi sumber pendapatan alternatif bagi masyarakat desa mendapatkan tambahan penghasilan lewat kegiatan jasa dan kewirausahaan. Terlebih di Kabupaten Seluma belum banyak desa yang mengembangkan potensi wisata alam menjadi objek wisata untuk umum yang dikelola secara profesional.
“Desa Pandan memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa, nah ini harus dikembangkan melalui manajemen yang profesional, sehingga objek wisata di sini terkelola dengan baik. Hal ini juga sejalan dengan program Asidewi, sebab itu pemuda-pemuda Desa Pandan harus mengelola objek wisata ini dengan baik,” ungkap Dewi Coryati usai peletakan batu pertama pembangunan objek wisata di Desa Pandan pada Senin (15/03/2021).
Politisi PAN ini menjelaskan kuliner-kuliner khas Desa Pandan juga bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun dari luar Seluma, bahkan luar Bengkulu berkunjung ke sini. Apalagi, dijelaskannya bahwa kuliner Desa Pandan memiliki cita rasa khas yang menggugah selera.
“Tadi saya dikenalkan dan ikut mencicipi masakan yang sangat enak, seperti pais ikan ngaring, sambal caluak belimbing besi dan segambal tutus. Ini adalah kekayaan budaya kita dan wajib kita kenalkan dengan masyarakat luas melalui desa wisata ini,” ujarnya.
Sementara itu Kades Pandan, Anton Nofri mengungkapkan desa yang ia pimpin itu memiliki potensi wisata berupa sungai dan areal pertanian sawah. Ia yakin objek wisata yang dikembangkan para pemuda desa itu dan dibimbing langsung oleh Asidewi dibawah asuhan Dewi Coryati bisa maju dan berkembang.
“Kami memiliki muara air sungai perpaduan air dingin dan air hangat, sungai dengan tipologi dangkal dengan aliran deras yang cocok untuk tubing. Kami juga memiliki areal pertanian yang cukup luas. Kami yakin dengan motivasi dan pelatihan dari ibu Dewi Coryati desa kami bisa maju,” ungkap Anton.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here