Sekretaris Diskominfosan menunjukkan perolehan uang sedekah di hari pertama gerakan sedekah Rp 2 ribu.

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan menginisiasi gerakan sedekah Rp 2.000 (2K) per hari bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu. Gerakan sedekah 2K ini sangat tepat dan memiliki nilai manfaat sangat luar biasa, di tengah kertepurukan ekonomi masyarakat dan refocusing anggaran pemerintah akibat terpaan badai Pandemi Covid-19.
Dalam sepekan sejak diluncurkan, Pemkot Bengkulu berhasil mengumpulkan Rp 14.321.300,-, bila konsinten maka dalam satu bulan gerakan 2K ini mampu mengumpulkan nominal sekitar 50 juta lebih. Uang yang terkumpul dari gerakan ini dikelola oleh Baznas Kota Bengkulu dan diperuntukkan membantu warga yang tengah kesulitan. Tak sedikit warga yang telah terbantu melalui gerakan 2K ini seperti membantu warga kesulitan membayar biaya persalinan, tunggakan listrik, membeli tabung oksigen, membayar tunggakan PDAM, SPP sekolah, modal usaha bahkan menebus ijazah yang tertahan di sekolah.
Besarnya potensi gerakan 2K dan nilai manfaat yang dihasilkan maka ada baiknya gerakan ini juga diterapkan hingga ke lingkungan RT. Nominal Rp 2.000 tidaklah begitu besar, terlebih sifatnya adalah sukarela dan gerakan moral, tentu saja gerakan 2K akan mendapat dukungan masyarakat, terlebih nilai manfaat yang dihasilkan bagi pemberi sedekah dan penerima sedekah sangat luar biasa, sebab itu gerakan 2K sangat tepat sebagai solusi membantu masyarakat kesulitan di tengah keterbatasan anggaran pemerintah.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here