Reporter: Dedi HP
Foto: Diskominfotik Prov Bengkulu
www.tras.id – Pemprov Bengkulu dan Jambi sepakat membuka jalan baru yang menghubungkan kedua provinsi via Kabupaten Lebong dan Mukomuko. Pembukaan jalan baru yang dikerjakan tahun 2021 itu akan melibatkan Kodam Sriwijaya dan Korem 041/Gamas melalui program TMMD berskala besar. Dibukanya 2 ruas jalan baru itu diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas komoditas kedua provinsi dalam rangka peningkatan kesejahteraan.
“Secara geografis Bengkulu berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan dikelilingi hutan lindung. Sebab itu diperlukan jaringan konektivitas baru dengan jarak dan waktu tempuh yang singkat dengan daerah-daerah provinsi sekitar, seperti Mukomuko dengan Kerinci dan Lebong dengan Merangin. Jadi dari Bengkulu ke Jambi tidak perlu memutar jauh, tinggal memilih ruas mana yang akan dilalui,” ungkap Gubernur, Rohidin Mersyah saat kunjungan kerja dan penandatanganan MoU dengan Pemprov Jambi di Kota Jambi pada Selasa (23/06/2020).
Rohidin juga menuturkan ruas jalan baru itu nantinya bisa menjadi simpul pertumbuhan dan pemerataan ekonomi. Selain itu, juga bisa menjadi jalur evakuasi dan jalur tanggap darurat bencana, mengingat Bengkulu dan Jambi masuk katagori daerah rawan bencana.

Pemprov Bengkulu dan Jambi sepakat bekerja sama meningkatkan aksesibilitas konektivitas komoditas, sosial, budaya dan jalur evakuasi bencana.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Fachrori Umar menyambut baik dan mendukung program yang diinisiasi Gubernur Bengkulu. Menurutnya, dua ruas jalan itu nantinya bisa untuk saling menguatkan dari sisi ekonomi, sosial dan budaya yang akan bermuara pada kesejahteraan bersama.
“Bengkulu dan Jambi memiliki akar budaya dan sosial yang sama. Kami percaya dengan adanya 2 ruas jalan baru ini juga akan berdampak pada penguatan-penguatan sektor lainnya. Selain itu tentu akan berdampak positif pada pengendalian inflasi wilayah Sumatera,” ulasnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here