Semangat berkurban jajaran Korem 041/Gamas meski di masa Pandemi
Semangat berkurban jajaran Korem 041/Gamas meski di masa Pandemi

Reporter: Dedi HP
Foto: Korem 041/Gamas
www.tras.id – Jajaran Korem 041/Gamas pada perayaan hari raya Idul Adha tahun ini menyembelih hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Prosesi penyembelihan hewan kurban dipusatkan di Makorem 041/Gamas pada Selasa (20/06/2021). Usai penyembelihan, daging hewan kurban dibagikan pada jajaran dan masyarakat di sekitar Makorem.
Danrem 041/Gamas, Brigjen TNI Yanuar Adil melalui Kapenrem, Mayor. Lumban Raja menjelaskan meski secara kuantitas jumlah hewan kurban tidak sebanyak pada tahun lalu, namun tidak menyurutkan semangat solidaritas berkurban di masa Pandemi.
“Banyak hikmah dan nilai filosofis dari proses berkurban ini, selain tentang keikhlasan juga banyak pelajaran di dalamnya, terutama di masa Pandemi ini. Kami berharap daging hewan kurban yang dibagikan bisa bermanfaat,” ungkap Kapenrem.
Ia juga mengutip pembelajaran dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang menjadi tonggak perintah ibadah berkurban.
“Kurban menempatkan kita berperan sebagai Nabi Ibrahim, sedangkan harta dan jabatan yang kita miliki adalah Ismail.┬áKita diperintahkan untuk memusnahkan rasa kepemilikan itu, karena sewaktu-waktu bisa diambil kembali oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, dan yang tersisa hanyalah tingkat ketakwaan serta rasa syukur kita karena masih berkesempatan untuk menunaikan amal ibadah yang lain,” tutup Kapen.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here