SMAM 4 menjadi sekolah pertama di Bengkulu menggunakan energi bersih dan terbarukan serta ramah lingkungan

Reporter/Foto: Nandar Eka N
Editor: Dedi HP
www.tras.id – SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu meresmikan pemakaian energi terbarukan yaitu energi tenaga surya sebagai sumber listrik pada sekolahnya pada Kamis (01/10/2020).
Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu, Sutanpri menjelaskan upayanya menjadikan sekolah memakai energi bersih pertama di Bengkulu merupakan komitmen bersama semua pihak.
“Semua elemen SMA Muhammadiyah  4 Bengkulu dari pengajar, hingga siswa telah bersepakat dan  berkomitmen membangun sekolah energi bersih guna berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan di Kota Bengkulu ini,” jelas Sutanpri kepada jurnalis www.tras.id
Dia menambahkan, pemasangan panel surya di atap sekolah ini menghasilkan 13 ribu Watt listrik, dan memenuhi 50 persen dari kebutuhan total listrik di sekolah ini. Sekolah energi bersih ini kerjasama SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu dengan Yayasan Kanopi Hijau Indonesia, serta Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu).
Ketua Kanopi Hijau Indonesia, Ali Akbar mengungkapkan, penggunaan energi bersih di SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu ini harus menjadi percontohan bagi sekolah lain.  Karena dapat mendorong sekolah di Bengkulu memulai gerakan menggunakan energi bersih demi kelestarian lingkungan.
“Awal gerakan ini muncul karena sekolah energi bersih sudah memuncul kesadaran kolektif dari seluruh rakyat Indonesia secara umum dan khususnya di Bengkulu tidak menjadi bagian perusak lingkungan dengan menikmati energi listrik yang bersumber dari batubara dan bahan bakar fosil lainnya,” ungkap Ali Akbar.
Sementara itu, SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu juga memiliki program pelestarian lingkungan melalui program paper less, dengan melakukan program resiko bencana berbasis sekolah, melakukan inisiatif program penggunaan air pasca wudhu, juga memiliki cara berpikir maju dan terbuka.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here