Penyerahan secara simbolis hasil pemuktahiran data SDGs Tahun 2021

Reporter/foto: Ersan Rahmatullah
Editor: Dedi HP
www.tras.id – Pemdes Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi mengesahkan data kependudukan hasil pendataan berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2021. Penetapan tersebut dilakukan melalui musyawarah desa dengan melibatkan berbagai unsur, mulai dari perangkat desa, tokoh masyarakat, BPD, pemuda, pendamping desa dan tenaga ahli yang digelar pada Rabu (23/06/2021) di balai desa. Data berbasis SDGs ini merupakan data kependudukan secara detil siap pakai yang dapat digunakan dalam merumuskan kebijakan.
“Kita sudah mendapatkan data desa dan kependudukan dalam skala mikro serta mendetil, mulai dari jumlah warga miskin, lansia, penerima manfaat program pemerintah dan jumlah anak-anak, perempuan. Termasuk juga sumber air bersih, fasilitas desa dan sebagainya. Ini sudah ditetapkan dalam musyawarah dan akan menjadi basis data dalam merumuskan kebijakan,” jelas Kades Renah Semanek, Eli Haryadi pada jurnalis www.tras.id

Perangkat desa, tokoh masyarakat dan BPD berfoto bersama usai pelaksanaan musyawarah desa.

Ia menjelaskan data SDGs nantinya akan terintegrasi secara nasional pada kementrian desa, sehingga juga menjadi sumber data valid bagi pemerintah pusat dalam merumuskan kebijakan untuk Desa Renah Semanek. Menurutnya, pemerintah menginginkan kebijakan tepat sasaran.
“Ini menjadi basis data secara nasional, jadi saat ada program pemerintah pusat ke Renah Semanek, penerima manfaatnya sudah terdata secara nasional,” ujarnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here