Reporter/Foto: Nandar Eka N
Editor: Dedi HP
www.tras.id – Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, ST.,Dipl. Seis., M.Sc mengimbau masyarakat Bengkulu tetap tenang dan tak terpengaruh oleh isu yang tak berdasar pasca gempa bumi yang mengguncang pada Rabu (19/08/2020). “Kami imbau warga tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa,” imbuh Rahmat.
Dia menjelaskan gempa yang terjadi merupakan gempa tektonik. Guncangan dirasakan cukup besar saat gempa berpusat di koordinat 4.44 LS dan 100.97 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 160 km arah Barat Daya Bengkulu, Provinsi Bengkulu, pada kedalaman 24 km.
“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik,” ujarnya.
Dampak dari guncangan gempa bumi ini, terpantau dirasakan di Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, Mukomuko, Seluma, Kepahiang , Bengkulu selatan, Kaur, Curup, Lebong dan Lubuk Linggau. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here