Ini Segudang Manfaat Daun Basil

Daun basil atau kemangi memiliki segudang manfaat (foto: Monicore-pexels)

Daun basil (kemangi) memiliki segudang manfaat, khususnya bagi kesehatan. (foto:pexels)

Reporter: Agustian
Editor: Herwan Saleh
www.tras.id- Daun basil atau lebih dikenal dengan sebutan daun kemangi banyak kita jumpai sebagai lalapan yang disajikan bersamaan sambel terasi saat bersantap pecel lele. Sayur pindang patin khas Palembang juga dicampur kemangi sebagai penambah nikmat cita rasa.

Tergolong tanaman yang mudah tumbuh di berbagai jenis tanah, daun kemangi ternyata memiliki segudang khaisat bagi kesehatan. Mulai dari pereda nyeri, anti bakteri hingga pencegah kanker.

Secara tradisional, daun kemangi juga dijadikan obat herbal untuk mengobati batuk berdahak, pilek, sakit kepala, sakit perut hingga diare.

Merujuk situs halodok.com, (15/08/2022), daun kemangi mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat, seperti protein, kalsium, kalium, magnesium, vitamin C, serat, folat, zink serta berbagai anti oksidan.

Berikut khasiat daun kemangi:

1. Pencegah Kanker

Kandungan anti oksidan dan anti kanker dalam daun kemangi dipercaya mampu melawan sel kanker rahim, kanker mulut dan kanker kulit.

2. Mengatasi Jerawat

Kandungan anti bakteri pada minyak daun kemangi diyakini bisa mengatasi jerawat. Riset pula membuktikan kalau daun ini pula bisa melawan peradangan akibat jerawat.

3. Mencegah Infeksi

Daun kemangi dikenal mempunyai anti virus, anti jamur, serta pereda perih, yang dapat mencegah peradangan dan infeksi. Riset membuktikan kalau daun yang satu ini bisa melawan peradangan serta cedera pada sariawan serta keloid.

4. Merendahkan Stres

Zat yang terkandung dalam daun kemangi juga sebagai adaptogen, ialah zat dapat menenangangkan hormon. Sehingga tubuh lebih rilek dan mampu meningkatkan daya ingat.

Itulah manfaat daun kemangi bagi kesehatan, namun demikian bila digunakan untuk konsumsi jangka panjang, anda disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.(*)

Redaksi

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *