Beranda Daerah Hujan Deras, Rejang Lebong Terendam Banjir

Hujan Deras, Rejang Lebong Terendam Banjir

155
0

Reporter : Ogi Putra Gumay

Editor: Dedi HP
www.tras.id- Hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis (23/04/2020) dini hari di Kabupaten Rejang Lebong menyebabkan meluapnya sungai Air Duku dan Air Putih, akibatnya puluhan rumah yang tersebar di beberapa kelurahan dan desa dalam lingkup Kecamatan Curup Utara terendam air. Peristiwa ini merupakan preseden terburuk sejak tahun 1979.

Akibat luapan dua Sungai tersebut ada  sejumlah titik yang terkena banjir akibat luapan sungai Di antaranya, Kelurahan Kepala Siring, Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup, Kelurahan Dusun Curup hingga Desa Batu Dewa Kecamatan Curup Utara.

“Sejak malam memang sudah hujan, bukannya meredah malah tambah deras sampai menjelang Subuh. Tiba-tiba sungai Air Duku dan Air Putih sudah meluap dan merendam rumah warga. Kejadian ini seperti tahun 79 dulu,” jelas warga Kepala Siring, Tursiman.

Dia meminta pemerintah bisa segera melakukan normalisasi dua sungai itu, sehingga meski hujan deras air tetap bisa tertampung. Dia juga berharap bantuan dari pemerintah bisa dikoordinir melalui pemerintah setempat.

“Ini mau puasa harapan kami kejadian serupa tak terulang lagi, caranya mungkin dua sungai itu dinormalisasi seperti di Jakarta. Jadi kalaupun ada pendangkalan karena lumpur atau sampah bisa diatasi,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, air sudah tampak surut, beberapa warga juga sudah mulai membersihkan rumah dari endapan lumpur dan pendataan warga korban banjir mulai dilakukan pemerintah setempat.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here