Beranda Daerah Didukung Bank Dunia Benteng Bebas Krisis Air Bersih

Didukung Bank Dunia Benteng Bebas Krisis Air Bersih

243
0

Reporter/foto: Dedi HP
www.tras.id– Momok krisis air bersih yang terjadi setiap musim kemarau di Bengkulu Tengah tak lagi menakutkan. Hal ini lantaran PDAM Tirta Rafflesia terus berinovasi mengatasi hal tersebut dengan berbagai program penyediaan air bersih  yang didukung Bank Dunia melalui Kementrian PUPR Dirjen Cipta Karya.
Saat ini, di Benteng terdapat 3 sumber air baku yang mengaliri berbagai wilayah. Bahkan saat ini PDAM Tirta Rafflesia yang dinahkodai Siti Yuningsih AZ, SE, MH tengah mengupayakan pengaliran optimal air bersih pada para pelanggan melalui Ipal Datar Lebar dan Ipal limpasan PLTA Musi melalui program SPAM Kobema.

“Program kita cukup banyak untuk penyediaan air bersih, bahkan didukung program hibah Bank dunia sekitar Rp 18 milyar melalui program National Urban Water Supply Project. Kemudian ada juga peryetaan modal oleh Pemkab. Terus ada juga program SPAM Kobema dan bantuan dari Balai Sungai untuk perbaikan Ipal Talang Boseng, Pondok Kelapa. Nah melalui berbagai program ini harapannya Benteng bebas krisis air bersih,” ungkap Siti.

Siti yang kembali dipercaya Bupati Benteng memimpin PDAM Tirta Rafflesia periode kedua ini menambahkan berbagai inovasi juga mereka lakukan baik di bidang teknis maupun di lini SDM, seperti penggunaan Quantum Geograpic Information System untuk pemetaan jaringan perpipaan hingga ke sambungan rumah, pemasangan pipa induk ke seluruh wilayah Benteng dan menambah Ipal dengan debit air yang lebih besar.

“Kami juga mengembangkan pelayanan dari sistem manual menuju sistem android, termasuk juga billing system nantinya akan menggunakan sistem informasi teknologi, apalagi penggunaan smartphone dan teknologi saat ini sudah sangat akrab dengan kita,” ungkap Siti.

Terima Banyak Penghargaan

Kepiawaian Siti Yuningsih AZ, SE dalam memimpin dan menggerakkan roda produksi PDAM Tirta Rafflesia menghantarkan dirinya menerima berbagai penghargaan dan sertifikat, seperti The Most Indonesian Leadership Figure Awards 2017, Indonesian Best Performing PDAM Award Winner 2017.  Sertifikat sebagai  narasumberp Talkshow Gender Equality And Social Inclusion in Water Sector. Kepribadiannya yang supel juga menghantarkan sulung dari 4 saudara itu masuk dalam deretan wanita inspirasi Indonesia bersama 29 wanita lainnya yang profilnya dimuat dalam Buku Mahakarya Wanita Inspirasi Indonesia dalam Pembangunan Indonesia. Selain itu, keberhasilannya memimpin PDAM Tirta Rafflesia juga menarik redaksi majalah Air Minum terbitan Perpamsi meliput khusus profile Siti Yuningsih.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here