OJK Beberkan Pentingnya Perencanaan Keuangan dan Investasi Sejak Dini

Dalam rangka memperingati HUT OJK ke-12, OJK menggelar kegiatan OJK Mengajar di Universitas Al Azhar, Jakarta, Selasa (24/10) yang dihadiri secara luring sebanyak 500 mahasiswa dan lebih dari 1.000 peserta turu​t hadir secara daring. (foto: OJK)

Editor: Herwan Saleh

tras.id – Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi dalam kegiatan OJK Mengajar di Universitas Al Azhar, Jakarta, Selasa (24/10), berpesan mengenai pentingnya merencanakan keuangan sejak dini untuk mempersiapkan masa depan yang lebih sejahtera.

“Kita yakin bahwa kemampuan adik-adik untuk memahami keuangan dan juga mengelola keuangan itu merupakan essential life skills yang harus adik-adik semua miliki apapun background pendidikannya,” kata Friderica.

Kegiatan “OJK Mengajar” untuk memperingati HUT OJK ke-12 itu dihadiri secara luring sebanyak 500 mahasiswa dan lebih dari​ 1.000 peserta turu​t hadir secara daring.

Lebih lanjut, Friderica juga mengingatkan bahwa tren investasi yang sedang berkembang di Indonesia juga dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menjebak masyarakat awam sebagai korbannya.

Untuk itu, literasi keuangan yang baik sangat diperlukan untuk membentengi masyarakat dari berbagai modus penipuan berkedok investasi, penawaran pinjaman online (pinjol) ilegal, pinjaman pribadi (pinpri), dan judi online yang banyak menjerat kalangan muda.

“Ingat-ingat 2L ya, Legal dan Logis. Jangan sampai kalian itu kalau mau berinvestasi tidak cek legalitasnya. Ini juga hati-hati karena penipuan banyak sekali,” pesan Friderica.

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin M.Sc., dalam sambutannya mendorong mahasiswa untuk terus memiliki semangat belajar dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

“Cintailah belajar itu karena belajar akan membuat anda lebih yakin lagi bahwa kita mempunyai kemampuan. Bilamana anda menyiapkan semuanya, masa depan akan lebih baik dari sekarang karena anda adalah orang-orang yang pembelajar, yang ulet, dan tentunya orang-orang yang selalu terbuka untuk menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya dan tentunya anda harus lebih baik lagi karena Indonesia emas 2045 adalah milik anda,” kata Asep.

Kuliah umum ini juga menghadirkan berbagai narasumber dari PT Bursa Efek Indonesia dan certified financial planner.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *