Sulap Kantor Pos jadi Destinasi Pos Heritage

Executive General Manager (EGM) PT Pos KCU Bengkulu, Rodi Herawan saat meninjau eks Kantor Pos Baru Koto yang akan disulap jadi Pos Heritage pertama di Bengkulu. (foto: dok Rodi)

Reporter: Dedi HP
www.tras.id – PT Pos Indonesia menyulap eks Kantor Pos Baru Koto menjadi destinasi wisata Pos Heritage. Selain sebagai memberdayakan aset yang ada, pendirian Pos Heritage tersebut juga sebagai upaya mendekatkan dan mengenalkan sejarah dan benda-benda pos pada publik melalui destinasi wisata Pos Heritage.

EGM PT Pos KCU Bengkulu, Rodi Herawan menjelaskan pendirian destinasi pos heritage  tersebut sesuai dengan peraturan yang ada. Bahkan, di beberapa kota sudah berdiri lebih dulu, seperti Pos Blog di Medan dan di Jatinegara. Ia juga setuju bila kantor pos itu menjadi cagar budaya, karena memiliki nilai sejarah dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia di Bengkulu.

“Kementrian BUMN, Kementrian Pariwisata dan Kementrian Pendidikan setuju dengan pendirian Pos Heritage ini. Kami sudah koordinasikan agar bangunan eks Kantor Pos Baru Koto menjadi cagar budaya,” terangnya.

Ia menambahkan, konsep pos heritage nantinya selain ada pojok filateli, pojok edukasi pos dan pojok benda-benda pos, juga terdapat pojok pameran dan pusat kuliner UMKM masyarakat Bengkulu. Selain mendekatkan Pos pada publik, Pos Heritage juga dapat menjadi daya ungkit perekonomian Bengkulu melalui wisata sejarah dan kuliner.

“Jadi, pendirian Pos Heritage ini tidak merubah struktur bangunan. Dengan Pos Heritage ini maka bangunan yang bernilai sejarah ini akan terawat dan bermanfaat bagi publik. Kami akan buka ruang pameran benda pos, filateli dan sejarah Pos. Sedangkan pusat kuliner berada di halaman,” ulasnya.(*)

Redaksi

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *